6 Tips Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

6 Tips Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Salah satu cara yang paling mudah untuk terus terhubung dengan pelanggan adalah melalui information kontak mereka, baik nomor telepon ataupun email. Cara yang kita bisa lakukan untuk mendapatkan itu sangat beraneka ragam. Yang paling efektif adalah menyediakan kolom register pada web site bisnis atau perusahaan Anda. Anda juga bisa meminta pelanggan mengisikan data diri mereka ketika datang dan membeli barang di toko. Sampaikan kepada pelanggan bahwa ini diperlukan untuk melakukan replace produk atau memberikan infromasi bila ada promo potongan harga.

Sehingga perusahaan akan tahu apa yang dikeluhkan oleh para pelanggannya dan segera memperbaikinya. Metode ini berfokus pada identifikasi masalah dan juga pengumpulan saran-saran dari pelanggannya langsung. Dalam menghadapi pelanggan yang marah, perusahaan sebaiknya bersikap empati sehingga perusahaan perlu meluangkan waktu dan mendengarkan keluhan mereka dan memahami situasi yang dirasakan pelanggan tersebut. Membina hubungan dengan pelanggan yaitu hubungan transaksi antar perusahaan dan pelanggan yang berkelanjutan, tidak berakhir setelah transaksi selesai.

Itulah sebabnya merek-merek terbaik dunia fokus untuk mengembangkan pengalaman “unboxing” yang luar biasa. Delapan puluh persen orang mengatakan bahwa merek tidak disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Di dunia di mana beberapa merek seperti Netflix dan Amazon menggandakan personalisasi, merek yang lebih kecil juga harus berkomitmen untuk tren konsumen yang terus berkembang ini. Pelanggan yang senang dan terlibat membawa keuntungan 23 persen lebih banyak. Namun, dengan kemajuan teknologi dan penurunan pertemuan, perusahaan harus menemukan cara baru untuk membuat pelanggan bersemangat dan tidak meninggalkan produk mereka.

Anda juga dapat menyesuaikan diskon tersebut berdasarkan poin dan juga uang yang dibelanjakan oleh pelanggan Anda. Dengan melalui program referall ini, tidak hanya membantu Anda dalam menambah pelanggan baru saja. Melainkan dapat membuat pelanggan Anda menjadi semakin setia pada bisnis Anda. Pengetahuan atau keterampilan dalam melayani dapat dibangun dengan melakukan pelatihan Sumbar Daya Insani sehingga tujuan dari pelayanan prima dapat terwujud dalam bentuk kepuasan pelanggan.

Dari rumus di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa semakin besar manfaat yang didapatkan oleh konsumen (dengan membeli produk/layanan) dengan harga yang sama, maka semakin besar pula kepuasannya . Ada beberapa rumus yang bisa Anda terapkan untuk mengukur customer value dari sebuah produk, jasa dan layanan. Contohnya untuk bundling produk, Anda dapat bundling produk baru dengan produk lama yang kurang laku dengan harga khusus di toko Anda.

Membuat pelanggan senang

Setiap orang dalam bisnis Kamu harus selalu berperan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk dalam menerima kesalahan dan bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Pelanggan lebih suka bisnis yang mengakui kesalahan mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya. John Kay, seorang profesor dari London Business School, menyarankan agar perusahaan atau pemilik bisnis dapat membangun keunggulan kompetitif dengan mengembangkan hubungan pelanggan yang baik.

Sebagian besar service provider menyediakan alat pembayaran sesuai apa yang merchant punya dan ia gunakan. Hal ini tentu saja dapat menyulitkan pelanggan dalam bertransaksi karena belum tentu alat bayar yang merchant punya akan sama dengan pelanggan. Dengan fee hyperlink, semua pelanggan bisa mengakses dan dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah. Payment hyperlink dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan antar pelanggan dan penjual.

Pertama adalah bisnis di bidang F & B yakni restoran atau cafe dan bisnis bengkel baik mobil maupun motor. Banyak alasan yang membuat pelayanan menjadi lama yang akhirnya menahan pelanggan lain mendapat pelayanan. Pengetahuan atau ketrampilan dalam melayani dapat dibangun dengan melakukan pelatihan SDM sehingga tujuan dari pelayanan prima (Excellent Service/ Service Excellence) dapat terwujud dalam bentuk kepuasan pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta – Memberikan pelayanan terbaik tentu saja menjadi kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap penjual kepada calon konsumen. Namun nyatanya saat ini hal tersebut tidak cukup untuk bisa mengubah calon konsumen menjadi pembeli. Melalui ini juga, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan yang akan kembali, karena mereka merasa nyaman untuk membeli barang atau jasa dari Anda. Pada akhirnya hubungan yang terbangun ini akan mempengaruhi revenue dari bisnis. Semakin staf Anda mengetahui tentang produk dan “fakta-fakta menyenangkan” tentang toko mereka bekerja, semakin banyak pengetahuan yang dapat mereka bagi dengan pelanggan. Dengan memberikan informasi tentang sebuah merek, pelanggan yang membeli barang tersebut sekaligus mengetahui nilai lebih yang baru saja mereka investasikan.

Comments are closed.